Perbedaan Benjolan Kista dan Miom

Perbedaan Benjolan Kista dan Miom - Sebelum kita mengenal lebih dalam dari perbedaan kista dan miom terlebih dahulu mari kita kenali apa itu kista ?

Definisi Kista

Kista merupakan tumor jinak yang  berisi cairan yang terbentuk di dalam ovarium. Setiap wanita memiliki dua indung telur (ovarium ) yang terletak satu di bagian kanan dan satu di bagian kiri rahim. Yang berfungsi untuk menghasilkan sel telur setiap bulan ( mulai dari masa pubertas hingga menoupause) dan memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Kista biasanya tumbuh di bagain tuba falopi, vagina , hingga vulva dan tumbuh terpisah dari jaringan normal di dalam rahim. hal ini membuat kista tidak membahayakan dan lebih mudah ditangani.
Menurut ilmu kedokteran kista di bagi menjadi dua macam yaitu ,non-neoplastik. Non-neoplastik biasanya akan mengecil sendiri dalam waktu 2 hingga 3 bulan, dan kista  neoplastik. Neoplastik umumnya harus di angkat melalui operasi.

Jenis-Jenis kista :

  •  Kista Corpus Luteum
  •  Kista Hemorhagic
  •  Kista Dermiod
  •  Kista Endometrium
 Definisi Miom

Miom merupakan istilah yang digunakan medis untuk tumor jinak pada otot polos yaitu otot -otot yang memebentuk dinding rahim. Miom atau bisa di sebut juga fibroid, leiomioma, atau fibromioma yang  tumbuh pada area tertentu di dalam rahim. Yang tumbuh dengan cara abnormal dan tidak terkendali hingga berukuran besar, yang akan membentuk benjolan-benjolan besar atau bisa disebut tumor. Ketika miom tumbuh di dinding uterus miom tidak akan menimbulkan keluhan dan tidak mengganggu kehamilan. Namun ketika miom tumbuh dileher uterus,miom akan sangat mengganggu terjadinya pembuahan yang menyebabakan  kemandulan.
 Jenis-jenis Miom :
  • Fibroid Intermural
  • Fibroid Subserous
  • Fibroid Submucous
Biasanya ukuran miom akan bertambah selama wanita masih dalam kondisi produktif dan akan berkembang apabila terjadi kehamilan. Namun pada saat monopause, miom dapat mengecil seiring turunya kadar estrogen pada wanita.
 Perbedan Kista dan Miom :
  • Kista adalah tumor jinak yang berisi cairan yang tumbuh dalam ovarium
  • Miom merupakan daging yang tumbuh pada otot-otot rahim dan berkembang menjadi tumor jinak.
  • Perbedaan kista dan miom bisa nampak dari gumpalannya. Kista akan terletak di indung telur baik di kiri atu kanan. Sedangkan miom terletak di posisi rahim atau diuterus ( di tengah tengah organ kelamin wanita). Atau bisa juga berada di posisi permukaan rahim, tengah rahim, dan di dalam rahim.
Besar benjolan kista dan miom mulai dari beberapa gram sampai mencapai 5 kg. Kista dan miom kalau di biarkan akan menjadi kanker ganas. Fungsi ovarium terkadang dapat terganggu oleh kista dan miom yang sering di alami oleh kaum hawa.

Salah satu organ yang wajib kita perhatikan kebersiahannya adalah  saluran reproduksi yang menjadi mahkota wanita. Untuk penyebab terjadinya penyakit kista dan miom sampai saat ini belum diketahui secara pasti, karena banyak faktor yang memicu tumbuhnya penyakit kista dan miom.

Gejala Yang Sering Muncul Yang  Harus Kita Waspadai Terkait Penyakit Miom dan Kista :
  1. Pendarahan Berat Saat Mentruasi
  2. Nyeri Haid
  3. Menstruasi Lebih Lama
  4. Nyeri Pada Perut, Panggul, serta Punggung Bagian Bawah
  5. Perut Bagian Bawah Terihat Membuncit Seperti Hamil
  6. Sering Buang Air Kecil
  7. Perubahan Pola Haid misalnya Terlambat Haid
  8. Pembesaran Perut Akibat Kista Yang Cenderung Tumbuh Semakin Besar
  9. Perut Terasa Tertekan,
Penyakit miom biasanya di picu oleh faktor hormonal, faktor genetik, faktor bakat serta gaya hidup yang tidak sehat dan stres.

Ketika gejala-gejala di atas anda alami, kemungkinan besar terdapat masalah dalam tubuh anda. Di usahakan ketika gejala-gejala di tas anda rasakan anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Bila perlu lakukan USG untuk mengetahui secara pasti. Ketika rahim kita terkena miom maka akan sulit unuk hamil dan walau pun hamil resiko mengalami keguguran sangat besar. Mulai dari sekarang mari kita jaga rahim kita dengan memperhatikan kebersihannya.


0 Response to "Perbedaan Benjolan Kista dan Miom"

Posting Komentar