Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dan Flu

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dan Flu - Sebelum mengetahui cara menyembuhkan batuk berdahak dan flu. Mari kita kenali penyakit Flu. Flu atau Influenza sering kita sebut dengan pilek adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi virus pada saluran pernafasan seperti hidung, tenggorokan serta paru-paru, alergi terhadap debu,  dan kondisi tubuh kurang sehat, terlalu banyak mengonsumsi minuman dingin.  Penyakit flu sangat erat kaitannya dengan musim atau cuaca yang tidak menentu. Penyakit ini juga disebabkan oleh Virus RNA yang termasuk kelompok virus Orthomyxoviradae (Virus Influenza). Biasanya penyakit filek ini mudah menular. Flu bisa menular melalui virus yang menular melalui udara, berbagi makanan, minuman, kontak langsung dengan penderita, dan saat bersin.  Selain menular, penyakit influenza sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kita. Biasanya penyakit influenza atau flu sering ditandai dengan batuk.

  Gejala Sakit Flu

  •  Mengalami Bersin-Bersin
  • Tersumbat Saluran Pernafasan seperti Hidung,  Tenggorokan.dan Paru-Paru
  • Terasa Gatal Pada Tenggorokan
  • Mata menjadi Berair 
  • Mengalami Demam Ringan 
  • Tubuh Terasa Lelah
  • Biasanya disertai Pusing Atau Sakit Kepala Ringan
Sekarang mari kita mulai kenali penyakit batuk berdahak. Batuk merupakan penyakit umum yang sering dialami oleh masyarakat. Batuk adalah cara reaksi alami yang di lakukan oleh tubuh dalam membesihkan saluran pernafasan dari kotoran dan kuman yang menyebabakan sulitnya bernafas. Batuk disebabakan oleh berbagai macam faktor.Dahak atau lendir yaitu cairan encer sehingga dapat ditelan atau dikeluarkan oleh ludah, batuk berdahak adalah dimana produksi dahak melebihi kadar normal. Biasnaya batuk berdahak bisa di sebabakan oleh Influenza, Sinusitis, dan Peneumonia. Batuk berdahak  bisa bersifat akut maupun kronis. Dimana perbedaanya batuk berdahak akut merupakan batuk yang berlangsung kurang dari tiga minggu sementara batuk berdahak  kronis merupakan batuk yag berlangsung lebih dari 8 minggu.

Beberapa Penyebab Batuk Berdahak

  1.   Merokok
  2.   Bronkitis Kronis
  3.   Postnasal Drip
  4.   Infeksi saluran pernafasan seperti Sinusitis,   pharyngitis, tonsillitis,pnemonia, dll   
Sebaiknya jika anda mengalami flu dan batuk baik kering maupun berdahak yang berkepanjangan harus diwaspadai bisa jadi flu dan batuk menahun yang sulit di sembuhkan . Lalu bagaimana cara untuk penyembuhanya? Cara penyembuhannya yaitu dengan memperhatikan pola hidup kita sehari- hari salah satunya dengan mengurangi mengonsumsi es atau minuman dingin disertai dengan mengonsumsi obat  yang berbahan alami.
     
 Obat Alami Untuk Menyembuhkan Batuk Berdahak dan Pilek

  
  1.   Jahe

Jahe bisa kita manfaatkan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan sakit flu dan batuk. Karena jahe memiliki kandungan Gingerol, minyak atrisi,terponoid, zingiberol serta senyawa anti virus yang berguna membantu menghilangkan virus penyebab flu dan batuk. Caranya sangat mudah dengan mengambil jahe beberapa ruas, lalau cuci bersihakan, tumbuk jahe, lalu masukan jahe kedalam segelas air hangat, tambahkan madu secukupnya kemudian aduk sampai rata dan minum 2 hari sekali.
    
     2.  Lada dan Madu

 Madu mengandung sifat antibakteri yang ,mampu mengerangi iritasi pada saluran pernafasan. madu bisa di campur dengan lada. Caranya campurkan 1 sendok makan  bubuk lada dengan satu sendok madu dalam satu gelas dengan air yang telah mendidih, kemudian aduk hingga merata, tunggu hinngga air hangat, setelah hangat minum air tersebut 1 sampai 2 kali dalam satu hari. Ramuan ini sebaiknya tidak digunakan untuk anak-anak.

    3.  Berkumur dengan Air Garam

 Berkumur dengan air garam berguna untuk membantu melembabkan tenggorokan. Caranya masukan garam kedalam air hangat, masukan jahe, kencur. Berkumur dengan bahan bahan ini bermanfaat untuk membersihkan bakteri yang ada dimulut. Cara ini merupakan cara yang sederhana.

   4.   Bawang Putih

Bawang Putih mengandung zat yang memiliki sifat antiviral serta mampu memperkuat daya tahan tubuh. Caranya yaitu dengan mencampurkan bawang putih pada menu makanan sehari-hari.
   
   5.   Jeruk Nipis

Jeruk Nipis merupakan salah satu obat herbal yang mengandung minyak atsiri dan berbagai zat yang bisa melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan. Caranya peras setengah jeruk nipis lalu campur dengan air hangat sebanyak 100 ml, kemudian campurkan dengan madu cara ini bisa meredakan gejala batuk. Karena rasa manis pada madu bisa memicu produksi air liur dan lendir untuk melembabkan tenggorokan.


Itu lah beberapa cara alami untuk mengatasi dan menyembuhkan batuk berdahak dan flu semoga dapat bermanfaat dan salam sehat :)


0 Response to "Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dan Flu"

Posting Komentar